[Review] Bug’s Life

This is repost from my tumblr account

 

Hari ini aku nonton film Bug’s Life dengan benar-benar memperhatikan apa makna dari film ini. Kalau dipikir-pikir memang semua film itu memiliki ideologi yang ingin disampaikan.

Well, di film ini Flick seorang semut jantan yang penuh dengan ide telah mengacaukan hasil kerja koloninya dengan menumpahkan seluruh makanan yang telah dikumpulkan ke sungai. Padahal, makanan itu ditujukan untuk para belalang jahat yang memaksa para semut untuk mengumpulkan makanan bagi mereka.

Flick yang selalu membawa bencana bagi koloni semut karena ide-idenya itu diadili oleh Princess Atta. Tetapi Flick punya ide baru seperti biasa. Idenya adalah untuk mencari serangga-serangga lain yang lebih besar yang bisa membantu dalam melawan belalang sehingga para semut tidak perlu mencari makanan lagi.

Di film ini diceritakan bahwa ide-ide Flick adalah ide yang benar-benar baru dan akan emmbawa perubahan tetapi penuh resiko. Tentu saja koloni semut lebih suka cari aman. Kita cari makanan buat belalang, mereka makan, mereka, pergi, beres.

Tidak ada yang pernah terkesan dengan penemuan Flick, namun ia tidak menyerah dengan semua itu. Kalau aku tidak salah, sang belalang, Hopper berkata,”ide adalah sesuatu yang buruk.” atau semacam itulah.

Pada akhirnya mereka semua bisa menerima ide-ide Flick karena memang berguna bagi mereka. Ini adalah cerminan dari masyarakat yang kolot dan tidakmau menerima perubahan. Dan aku sedih banget kalau ngeliat orang kolot kayak gini😦

Perubahan is not something wrong or bad. Pasti ada resiko. Tetapi apalah arti hidup ini kalau tidak ada resiko? Live is adventure :))

So, jangan takut menerima perubahan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: