[Food] Tahu Gejrot

Sukolilo-20130622-00625

Tahu Gejrot… pertama kali nyoba sekitar tahun 2007 dan langsung jatuh cinta!❤

Setiap kali ke Jakarta, aku mewajibkan diri untuk membeli tahu gejrot, whatever it takes! Bumbu asam, manis, dan pedas disiram di atas tahu gembos yang dengan segera menyerap bumbu tersebut hingga ke seluruh bagian tahu. Rasanya yang tajam selalu nempel di lidah dan bikin ketagihan. Ini yang bikin aku selalu rindu Jakarta!

Sukolilo-20130622-00620

Tidak perlu ke Italia untuk bisa mencicipi pizza, tidak perlu ke Palembang untuk bisa mencicipi pempek, pun tidak perlu ke Jakarta untuk bisa makan tahu gejrot sepuasnya! Akhirnya kemarin aku berekspirimen di dapur bersama temanku untuk membuat tahu gejrot. Bahan-bahannya pun apa adanya. Kalau dulu aku sempat lihat penjual tahu gejrot menambahkan belimbing wuluh untuk cita rasa asam, aku dan temanku hanya menambahkan air cuka saja. Tapi lain kali, pasti kami pakai belimbing wuluh, supaya rasanya lebih otentik, hehehe.

Berbekal resep dari internet dan sedikit mengingat-ingat bahan-bahan dan cara membuat tahu gejrot dari para penjual di passer baroe (tahu gejrot yang pasti enak adanya di sini nih!), kami menyiapkan bumbu dan bahan yang berupa tahu, bawang merah, bawang putih, cuka, gula merah, cabai, dan garam. Tahap pertama kami membuat rebusan air gula yang kemudian kami tambahkan cuka dan garam. Sementara itu, bawang merah, bawang putih, dan cabai ditumbuk kasar. Setelah air rebusan gula dingin, tuangkan ke mangkok yang sudah berisi bumbu yang ditumbuk tadi. Kemudian potong-potong tahu dan masukkan ke dalam mangkok dan sajikan!

Sukolilo-20130622-00622

Takarannya? Pakai feeling! Memasak itu tidak seperti membuat ramuan obat yang takarannya harus sama persis, memasak itu tentang rasa. Ada orang yang lebih suka masakan yang manis, ada yang suka masakan asin, ada yang suka masakan hambar, dan sebagainya. Karena itu, cooking is about youself! Kamu bisa mengekspresikan dirimu melalui masakan, nggak cuma melalui musik dan karya lainnya. Masakan itu juga seni dan tidak semua orang bisa melakukannya😉

Okay, ini dia tahu gejrot buatanku dan temanku! Rasanya sama seperti yang dijual abang-abang di passer baroe, cuma lebih nggak pedas aja😉

Sukolilo-20130622-00624

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: