To Write in English or Bahasa…

learning-English-p7viz6

Kalau kamu baca blog ini hingga artikel yang paling akhir, pasti kamu akan menemukan beberapa artikel yang full berbahasa inggris. Well, kenapa saat itu aku menulisnya dalam bahasa inggris? Jawabannya adalah karena aku ingin dilihat sebagai seseorang yang intelek dan jago berbahasa inggris. Berhasil menulis artikel dalam bahasa inggri merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagiku. Sebagai orang yang terbiasa berbicara dan menulis dalam bahasa Indonesia, menulis artikel berbahasa inggris tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan menulis artikel berbahasa indonesia.

Sebagai seseorang yang mempelajari marketing communication di perguruan tinggi, suatu kali aku menyadari bahwa artikel bahasa inggrisku ini keren, tetapi tidak sesuai dengan pasar. Tidak ada yang mau membaca artikel bahasa inggris jika ada yang berbahasa indonesia. Yah, bisa saja banyak bule yang mengunjungi blog-mu, suatu kali ada bisikan seperti itu. Well, no. Ini bukan tipe blog yang akan dicari oleh bule. Blog ini akan berisi banyak curhatan, dan bule mana yang peduli sama curhatanku. Siapa aku bagi mereka?

Dengan berbagai pertimbangan itulah akhirnya aku memutuskan untuk menulis artikel-artikel dalam bahasa indonesia. Tidak kalah fun kok dan pada akhirnya aku tahu kalau ada yang baca artikelku yang berbahasa indonesia. Tidak perlu banyak orang yang baca, yang penting semua yang baca paham dan menerima pesan-pesan yang aku sampaikan di setiap artikel.

Leave a Reply

