[Food] Fettuccine Carbonara

IMG00428-20121107-0928

Fettuccine Carbonara merupakan gabungan dari dua kata yaitu fettuccine dan carbonara. Fettuccine merupakan bahan dasar dari makanan ini, sementara carbonara merupakan saus yang melengkapinya.

Menurut wikipedia (yang entah benar atau tidak, tapi kita asumsikan benar), fettuccine dalam bahasa Italia berarti pita kecil. Fettuccine merupakan salah satu jenis pasta yang agak tebal, lebar, dan panjang seperti mie yang terbuat dari telur dan tepung. Fettuccine kering sudah banyak ditemukan di berbagai swalayan. Banyak orang yang menyamakan antara Fettuccine dengan Spaghetti atau pasta lainnya karena bentuknya yang mirip. Bisa jadi ada juga yang menyamakan Fettuccine dengan mie atau kwetiau saking miripnya. Fettuccine adalah jenis pasta, sama seperti spaghetti. Dibandingkan dengan spaghetti, aku lebih suka fettuccine karena lebih lebar, jadi lebih puas makannya, hehehe…

fettucine

Fettucine ‘segar’

Fettuccine akan terasa hambar kalau dimakan begitu saja. Pasta ini butuh saus pendamping supaya rasanya lebih lezat dan enak dimakan. Setahuku, ada tiga jenis saus yang biasanya mendampingi pasta ini yaitu bolognese, alfredo, dan carbonara. Bolognese dan carbonara sendiri sebenarnya lebih akrab dihidangkan bersama spaghetti dibandingkan dengan fettuccine, namun bisa dihidangkan bersama pasta yang lainnya.

Bolognese adalah saus yang terbuat dari tomat dan daging. Jenis saus ini yang paling populer di Indonesia, bahkan spaghetti di KFC dan McDonald menggunakan saus ini. Saus-saus spaghetti instant pun banyak yang berjenis bolognese. Alfredo saus merupakan saus yang paling banyak menemani hidangan fettuccine di Amerika. Saus ini terbuat dari keju, butter, dan cream. Sedangkan saus carbonara terbuat dari telur, susu, dan daging.

Fettucine alfredo

Fettuccine Alfredo dengan topping udang

Dari ketiga saus di atas, menurutku yang paling mudah dibuat adalah carbonara. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara memasaknya sangat mudah.

Langkah pertama, rebut fettuccine kering. Sementara menunggu fettuccine matang, buat sausnya.

Untuk saus, bahan yang diperlukan adalah susu cair, telur, daging kornet/daging burger yang diiris/daging asap, bawang bombay, bawang putih, garam, merica, dan keju (aku sih pakai keju cheddar). Memasaknya gampang, tumis irisan bawang bombay dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan daging olahan. Langkah selanjutnya, masukkan susu cair, kecilkan api, aduk, tambahkan garam, merica, dan telur. Nah, setelah itu masukkan fettuccine yang sudah matang ke dalam saus carbonara yang sudah mulai mengental, setelah rata, angkat dan hidangkan. Untuk kejunya, bisa ditambahkan saat saus masih dimasak atau bisa untuk taburan.

Karena warnanya yang pucat, hidangan ini wajib dikasih taburan atau hiasan daun peterseli supaya lebih menarik. Rasanya? Creamy dan gurih! Tapi hati-hati, saus ini mengandung banyak lemak, jadi kalau makan kebanyakan bisa eneg dan badan jadi terasa berat!

IMG00427-20121107-0927

Fettuccine Carbonara made by me🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: