[Movie Review] The Great Gatsby

great-gatsby

REPOST DARI KUSUKASUKA.COM

Sedikit bingung ketika mendengar bahwa Jay-Z akan mengerjakan soundtrack The Great Gatsby. Sebuah film yang klasik dan berlatar tahun 1922 diramaikan dengan musik hip hop modern ala New York, ternyata hasilnya sangat menakjubkan! Sedikit dibawah ekspektasi memang, tidak sebagus yang diharapkan (mengingat film yang dibintangi Leonardo DiCaprio hampir tidak ada yang mengecewakan), tetapi The Great Gatsby merupakan film yang layak untuk ditonton dan memberikan kesan yang berbeda dibanding dengan film-film dengan latar klasik lainnya.

21

Sinopsis

Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio) adalah pria misterius yang tinggal di sebuah kastil di Long Island. Ia selalu mengadakan pesta besar-besaran yang dihadiri oleh seluruh warga New York. Suatu kali ia mengirim undangan ke tetangganya Nick Carraway (Tobey Maguire). Nick yang tinggal di sebuah pondok kecil, sangat kecil jika dibandingkan dengan kastil Gatsby pun datang ke pesta tersebut dan bertemu dengan Gatsby secara langsung, padahal ia dengar dari tamu pesta bahwa Gatsby tidak pernah ada di dunia ini karena tidak ada orang yang pernah bertemu dengannya secara langsung.

Sementara itu Nick memiliki sepupu yang tinggal di seberang teluk yang berhadapan dengan pondoknya bernama Daisy (Carey Mulligan). Daisy menikahi seorang jutawan bernama Tom Buchanan (Joel Edgerton). Daisy memiliki teman seorang pemain golf bernama Jordan Baker (Elizabeth Debicki) yang ternyata juga dekat dengan Gatsby. Jordan mengetahui rahasia kecil Gatsby dan meminta Nick untuk membantunya. Siapakah Gatsby dan apa rahasianya? Apa pula pekerjaannya sehingga ia bisa menghasilkan uang yang sangat banyak dan bahkan membangun sebuah kastil?

5

The Great Soundtrack

Tidak bisa dipungkiri, salah satu hal yang membuat orang tertarik untuk menonton film yang diangkat dari novel The Great Gatsby ini adalah soundtracknya yang digarap oleh musisi-musisi top dunia seperti Jay-Z, will.i.am, Beyonce, Lionel Richie, dan Lana Del Ray. Novel The Great Gatsby yang ditulis oleh F. Scott Fitzgerald dan dirilis pada tahun 1925 ini telah diadaptasi ke dalam film dan tv sebanyak 4 kali yaitu pada tahun 1926 (film bisu), 1949 (tidak dirilis), 1974 (film), dan tahun 2000 (ftv). Tahun ini adalah kelima kalinya The Great Gatsby dijadikan motion picture. Produser tentu memikirkan banyak cara supaya penonton tertarik untuk menonton film yang ceritanya sudah tersebar luas. Salah satunya adalah dengan mengangkat nama-nama besar untuk bermain di film ini seperti Leonardo DiCaprio, Tobey Maguire, Jeol Edgerton, Isla Fisher dan (tentu saja) Amitabh Bachchan. Untuk lebih menjual film ini lagi, mereka juga memiliki nilai plus di soundtrack-nya.

7

Soundtrack dari The Great Gastby langsung duduk di puncak Billboard 200 segera setelah dirilis. Walaupun tidak bertahan lama karena segera digeser oleh álbum Lady Antebellum, namun ini merupakan suatu prestasi karena tidak banyak álbum soundtrack film yang bisa berada di puncak tangga lagu tersebut. Langkah untuk menyisipkan lagu hip hop modern ke dalam film ini rasanya adalah pilihan tepat karena penonton jadi bisa merasakan kesan yang lain daripada yang lain. Selain itu penonton juga bisa merasakan budaya New York yang kental melalui film ini.

Berkesan namun tidak akan membekas lama…

Leonardo dan Tobey menampilkan akting yang luar biasa di film ini. Mereka memiliki chemistry sebagai sahabat. Tidak heran sebenarnya karena di kehidupan nyata mereka memang bersahabat sejak kecil. Amitabh Bachchan juga melakukan penampilan yang luar biasa berkesan walaupun ia hanya tampil sebagai cameo. Selain mereka bertiga, tokoh-tokoh lain tidak memberikan kesan yang berarti.

Leonardo memang selalu bisa mencuri perhatian dengan kualitas aktingnya, bukan hanya dengan wajahnya yang tampan saja. Inilah yang membuat ia disukai oleh penggemar film. Rasanya ia bisa bermain peran apa saja tanpa perlu mengeluarkan banyak effort. Di sini dia memainkan peran sebagai Gatsby, lelaki flamboyán, penuh misteri, lembut, namun juga keras. Gatsby bisa saja jadi tokoh yang dikenang, namun film The Great Gatsby mungkin bukan film yang akan dikenang hingga waktu lama. Ibarat luka, The Great Gatsby hanya menimbulkan luka goresan yang akan hilang dalam beberapa minggu, bukannya luka yang akan tetap ‘tinggal’ seumur hidup. Ini disayangkan mengingat banyak hal yang telah ‘dikorbankan’ oleh produser untuk film ini.

Melibatkan aktor-aktor besar, soundtrack digarap musisi terbaik, kostum digarap oleh desainer yang pernah pemenang Oscar, visualisasi keren dan bisa ditonton dalam bentuk 3D, apa yang salah? Naskah yang lemah. Tidak ada adegan yang benar-benar ‘menonjok’ penonton hingga benar-benar bisa membekas di hati. Rasanya film ini lebih banyak fokus ke teknik, bukan ke cerita. The good point is, mereka menawarkan cerita yang tidak muluk-muluk, sederhana, dan mudah dipahami.

31

3D atau 2D?

Jarang memang film drama ditayangkan dalam bentuk 3D. Apa sih yang perlu dilihat di The Great Gatsby sampai-sampai produser dan sutradara ngotot membuat film drama dalam bentuk 3D? Yah, seperti yang sudah disebutkan di atas, film ini tidak banyak mengumbar cerita, tetapi lebih ke teknik seperti kostum, setting tempat, efek, dan semacamnya. Rasanya malah rugi jika menonton The Great Gatsby dalam bentuk 2D. Banyak view yang indah dan spektakuler yang bisa ditonton melalui kacamata 3D. Bahkan mungkin film ini bisa terasa lebih ‘menonjok’ jika ditonton dalam bentuk 3D.

8

Secara keseluruhan, film ini bagus walaupun kurang nendang. Masuk nominasi Oscar? Hmmmm bisa saja. The Great Gatsby bisa jadi calon nominasi yang kuat. Tidak ada yang tahu. Bisa saja ada film-film tidak terduga, berbudget rendah yang ternyata memiliki ‘tonjokan’ atau ‘tendangan’ yang kuat yang bisa mengalahkan The Great Movie ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: