[Drama Review] The Heirs

“Sha, kamu sudah nonton The Heirs?”

“Sudah. Kenapa?”

“Ceritanya tentang apa?”

“Hmmm… Pewaris?”

“Pewarisnya kenapa?”

“Hmmm…. Terlibat cinta segitiga dengan seorang gadis miskin…”

Percakapan di atas mungkin bisa menggambarkan kesan yang ada di pikiranku tentang drama The Heirs. Apa sebenarnya yang menjadi inti cerita? Apa daya tarik dari cerita The Heirs? Apa yang unik? Apa yang membedakannya dari drama-drama lain?

The Heirs, drama tahun 2013 yang paling diantisipasi karena banyaknya bintang yang turut andil dalam pembuatannya. Bisa dibilang The Heirs adalah drama yang bertaburan bintang. Mulai dari pemeran utama hingga tokoh dengan peran yang tidak begitu berarti dimainkan oleh aktor dan aktris papan atas. Yah, walaupun Krystal, Minhyuk, dan Hyungsik belum bisa dibilang aktor dan aktris papan atas, tapi siapa sih yang tidak mengenal mereka? Idol. Mereka dikenal di Korea dan di seluruh dunia. Selain mereka, The Heirs juga ‘dimeriahkan’ oleh Lee Min Ho, Park Sin Hye, Kim Woo Bin, Choi Jin Hyuk, dan Kim Ji Won. Siapa sih yang belum pernah dengar nama mereka?

Kalau orang menonton drama hanya karena tampang pemainnya atau tingkat ketenaran pemainnya, maka bisa dibilang The Heirs adalah drama terhebat tahun ini. Tapi sayang, orang lebih menilai drama dari jalan ceritanya.

Cerita dalam drama The Heirs ditulis oleh Kim Eun Sook yang sebelumnya sukses dengan drama Secret Garden dan A Gentlemen’s Dignity. Kim Eun Sook tampaknya dikenal dengan cheesy line-nya dan (mungkin) ia ingin membuktikan bahwa ia ratu dengan sejuta gombalan ketika ia menulis naskah The Heirs. Sayang seribu sayang, terlalu banyak cheesy line di drama ini sehingga lama-lama menjadi greasy line. Eneg juga kalau terlalu sering dengar kata-kata gombalan.

Selain itu, inti cerita dari The Heirs sangat lemah. Kalau hanya tentang cinta segitiga, anak SMP juga bisa bikin cerita seperti itu. Tidak ada point yang kuat yang membuat drama ini berbeda dari drama lain. Ceritanya klise (cewek miskin yang disukai cowok-cowok kaya), terlalu banyak tokoh, terlalu banyak sub-cerita sehingga kehilangan fokus, hubungan antar tokoh kurang kuat, dan hey, tidakkah kalian menghitung berapa kali terdapat adegan di mana Cha Eun Sang (Park Sin Hye) tidur? Ya, aku tahu Cha Eun Sang memang suka tidur, tapi apa perlu membuat cerita “Choi Young Do (Kim Woo Bin) memperhatikan Cha Eun Sang yang sedang tidur dan saat itu ia menyadari bahwa ia ingin melindingi Cha Eun Sang”. Hal yang sama juga terjadi pada Kim Tan (Lee Min Ho), dia juga suka ngeliatin Eun Sang tidur. Wah, Cha Eun Sang yang sedang tidur ternyata bisa membuat laki-laki di sekelilingnya klepek-klepek. Apa perlu aku tidur di restoran? Barangkali ada anak pemilik hotel yang kesengsem sama wajahku waktu lagi tidur.

Menurutmu cerita Eun Sang tidur tadi make sense atau tidak?

Well, bagaimana dengan ini:

“Kim Tan menyukai Cha Eun Sang karena ia terpesona saat melihat gadis itu menangis di pinggir pantai.”

“Kim Tan beruntung karena Cha Eun Sang ternyata anak pembantunya, dengan begitu mereka bisa lebih sering bertemu.”

“Kim Tan beruntung karena ayahnya memberi Cha Eun Sang beasiswa sehingga mereka tidak hanya bisa bertemu di rumah, tapi juga di sekolah”

Kim Tan serba beruntung, dia bisa mendapatkan Cha Eun Sang nyaris tanpa perjuangan. Ya, dia memang menderita, tapi sejauh ini belum ada tanda-tanda dia melakukan perjuangan. Hanya anak laki-laki yang menahan semua deritanya (dan melimpahkan sebagian deritanya pada Yoo Rachel, dia dengan seenaknya mencampakkan Rachel demi Eun Sang, cowok macam apa tuh?). Berbeda dengan Kim Tan, Choi Young Do lebih banyak struggle baik dengan ayahnya maupun untuk mendapatkan Cha Eun Sang.

Saat ini The Heirs baru menayangkan 13 episode. Aku berharap semoga ada banyak twist di belakangnya. Kalau Eun Sang akhirnya bersama Kim Tan dan orang tua Kim Tan merestui hubungan mereka. Well, ini cerita yang sangat klise bukan? Bahkan cerita dalam drama Boys Before Flowers 1000x lebih baik dari ini. Oh, dan jangan sampai ending-nya ternyata Eun Sang adalah anak orang kaya yang dibuang (atau tertukar).

Yah, paling tidak Eun Sang akhirnya pacaran dengan Young Do. Atau ada yang mati. Atau Empire Group akhirnya bangkrut dan Kim Tan akhirnya jatuh miskin, akhirnya dia bisa bersama Eun Sang. Ending yang tidak bisa ditebak adalah ending yang bagus kan? Sayang sekali kalau Lee Min Ho, Park Sin Hye, Kim Woo Bin, dan kawan-kawan harus capek-capek kerja untuk drama yang sebenarnya akan jadi drama yang super jelek tanpa mereka.

 

PS: Aku masih belum paham apa gunanya Dream Catcher. Kim Tan dan Cha Eun Sang sama-sama belum pernah bermimpi buruk, lalu untuk apa mereka ‘berbagi’ Dream Catcher? Buat souvenir? :p

Comments
2 Responses to “[Drama Review] The Heirs”
  1. rizaroidila says:

    Aku baca review-mu ini, setelah dikasih tahu della kalo kamu nge-review the heirs sha, sebelumnya aku ngeluh ke della soal cerita the heirs yang udah epside 14 tapi masih gitu2 aja, flat, dan mengecewakan . Sebelumnya juga aku diskusi sama temenku anak ex-deteksi yang dulu jadi partner nulis halaman hallyu, kita sama-sama mikir kalau the heirs ini drama yang penuh ke-sia2an. Sia2 udah hire pemain2 top, tapi nggak imbang sama cerita dan alurnya yang super ecek2. No dilema, no chalenge, karakter2 kuat kayak yung do juga kayak dikacangin, nggak dimanfaatin sebaik-baiknya.
    Sebaliknya nggak paham sama love line nya tan sama eun sang yang..oke walopun mereka beda kelas sosial, tapi kayaknya mereka mulus2 aja tuh.. bener kalo kamu bilang tan bisa dapetin eunsang tanpa perjuangan. Sementara eunsang jatohnya jadi kayak cewek menye-menye nggak jelas. Sementara young do sama rachel jatohnya jadi kayak kessiian banget seeh cinta bertepuk sebelah tangan pake banget.. Kayak semacam mereka berdua perjuangan sesuatu yang udah jelas bkal ngga mereka dapeitin.

    Last but not least..aku lebih suka kalo eunsang sama yooouuuungg doooo…oppaaa hahahaha. Hidup choi young dooo (tapi nggak mungkin banget ya kayaknya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: