[Drama Review] You Who Came From The Stars (Byuleseo On Gudae)

YWCFTS_poster

Drama korea akhir-akhir ini dibanjiri cerita tentang seseorang yang memiliki kekuatan luar biasa.  Walaupun begitu, cerita yang disajikan berbeda satu sama lain karena kekuatan yang dimiliki pun berbeda. Sedikit klise, You Who Came From The Star mengambil tema ‘kekuatan’ tersebut.

Seperti judulnya, cerita ini berpusat pada seseorang yang datang dari bintang atau yang orang awam sebut dengan alien/extra terrestrial. Alien memang merupakan misteri paling panas yang dibicarakan orang selama berabad-abad.

shot0014[2]

Dikisahkan, Do Min Joon (Kim Soo Hyun) adalah makhluk luar angkasa yang terjatuh di bumi pada tahun 1609 atau pada era Joseon. Ketika baru menapakkan kakinya di bumi, ia bertemu dengan seorang gadis berusia 15 tahun yang hampir menjadi korban pembunuhan. Karena terlibat dengan kasus itu, ia tidak bisa kembali ke planetnya bersama dengan teman-temannya. Ia pun tidak punya pilihan selain hidup di bumi.

Do Min Joon adalah nama yang ia pakai di setting masa kini. Ia mengubah nama dan identitasnya setiap 10 tahun sekali supaya tidak ada yang curiga bahwa ia sudah hidup selama 400 tahun.

Bb5vcmiIYAAe8OU

Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun), adalah seorang aktris nomor satu di korea. Cantik, bertalenta, namun berotak kosong. Ia selalu ‘menunjukkan’ kebodohannya itu di twitter dan membuat agensinya frustasi.

“Teman-teman, anehnya, saat makan Garlic Pizza, aku bisa mencium bau bawang. Apakah hanya aku yang seperti itu?”

My Love From Another star Episode 1_46

“Di siang hari yang melelahkan, mocha latte yang manis memang yang terbaik. Rasanya aku tahu kenapa Mun Ik Jeom menyeludupkan biji mocha. Mun Ik Jeom, terima kasih!”

828187702

Tweet ini mengundang tawa banyak orang karena Mun Ik Jeom tidak menyeludupkan biji mocha melainkan biji kapas (Mokhwa).  Dengan segera nama Cheon Song Yi dan Muk In Jeom menjadi pencarian nomor satu di portal berita online Korea.

“Apakah kamu menyuntikkan botox ke otakmu? Bahkan di otakmu tidak ada kerutan!”

Di saat yang bersamaan, Cheon Song Yi mendapat tawaran dari agensi lain. Ini membuat agensinya saat ini semakin frustasi. Supaya Cheon Song Yi tidak pindah agensi, akhirnya ia diberikan rumah baru, sebuah penthouse kompleks apartemen mewah.

Di lantai itu, Song Yi tidak tinggal sendirian. Ia memiliki seorang tetangga, dosen muda lulusan Harvard bernama Do Min Joon. Semula ia kira Do Min Joon adalah penguntit mesum yang mengikutinya hingga ke rumah barunya. Cheon Song Yi tidak mengira bahwa ia akan sering bertemu dengan Do Min Joon. Begitu pula dengan Min Joon, ia tidak mengira bahwa Song Yi memiliki kaitan dengan masa lalunya sehingga ia harus terlibat dengan kehidupan pribadi si aktris.

You Who Came From The Star merupakan drama yang paling populer di akhri tahun 2013 hingga sekarang. Perpaduan antara penulis cerita yang kreatif dan aktor/aktris yang berbakat membuat drama ini menjadi drama dengan rating tertinggi hingga 25%!

Jun Ji Hyun merupakan aktris yang paling cocok untuk memerankan Cheon Song Yi, gadis cantik yang selalu bertindak tanpa berpikir. Ia selalu terlihat bahagia dan angkuh namun memiliki luka besar di hatinya. Terkadang kita dibuat tertawa sampai perut sakit, terkadang kita dibuat menangis olehnya. Entah drama ini berhasil atau tidak seandainya Cheon Song Yi diperankan oleh aktris lain.

shot0298[2]

Karakter Do Min Joon sedikit membosankan. Ia adalah cowok yang cool yang jarang menunjukkan emosinya sehingga yaaaah, mimik mukanya gitu-gitu aja. Untung ada Cheon Song Yi yang emosinya macam-macam sehingga drama ini tidak jadi membosankan.

Kisah cinta antara Cheon Song Yi dan Do Min Joon memang diutamakan, tapi bukan berarti drama ini hanya berputar-putar di kisah cinta segi empat seperti drama lainnya. Ada cerita rumit yang membuat Cheon Song Yi kehilangan reputasinya dan terancam nyawanya.

shot0357[2]

Han Yoo Ra, aktris yang menjadi saingan Song Yi terbunuh. Polisi pun kesulitan dalam memecahkan kasusnya sehingga menyimpulkan bahwa ini adalah kasus bunuh diri. Fans dari Han Yoo Ra pun mengecam Song Yi, begitu pula dengan orang-orang di seluruh negeri, termasuk agensinya. Song Yi yang mengetahui kebenaran kasus pun tidak bisa tinggal dengan tenang di rumahnya. Beruntung, ia memiliki tetangga dengan kekuatan gaib yang bisa menyelamatkannya di saat-saat berbahaya.

Walaupun berisi chaebol dan orang-orang kaya lainnya, You Who Came From The Star memiliki cerita yang tidak berlebihan, romantis namun realistis, menyentuh, dan terkadang konyol. Tidak heran jika drama ini ramai dibicarakan banyak orang dan memiliki rating yang sangat tinggi. Yang menarik lagi, di akhir episode, selalu ada epilog yang rugi banget kalau di-skip. Epilog ini bercerita hal-hal trivia namun menarik dari cerita You Who Came from The Star.

Kalau mau menonton drama yang berbobot dan menghibur, You Who Came From The Star adalah pilihannya!

Rating 9/10

Love From Stars 1

Do Min Joon

Tahun 1963, Jangheung, Provinsi Jeolla Selatan. (Porselen) itu aku beli langsung dari desa yang terkenal akan kerajinan porselen putihnya pada zaman Dinasti Yi. Aku membelinya dari pengrajin terbaik di saat itu. Porselen itu, tidak ternilai harganya.

Cheon Song Yi

Nggak apa-apa. Toh barang itu memang sudah cuil. Aku nggak ngerti kenapa kamu masih menyimpannya dan bukannya membuangnya. Aku lihat ada banyak peralatan makan yang sudah tidak layak dipakai di lemari makan. Apa perlu aku bereskan dan buang semuanya?

 

Love From Stars 13

Do Min Joon

Itu adalah porselen putih dari zaman Dinasty Yi dengan tulisan tangan dari cendekiawan Heo Gyun.

Cheon Song Yi

Oops, Ssawry.

Love From Stars 2

star8-00348

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: