TOP 10 F(X) SONGS

424557_369920296361896_1798442280_n

F(x) adalah girl group dengan konsep yang unik yang tidak bisa disamai dengan girl group lainnya. F(x) memiliki unsur cute, ceria, manis, trendi, dan tomboy. Jarang orang yang berpikir untuk memadukan semua unsur itu menjadi satu, namun SM Entertainment bisa melakukannya dengan menciptakan grup beranggotakan Victoria, Amber, Luna, Krystal, dan Sulli. Terkadang orang sulit menerima mereka karena unsur campur aduk ini. “Jadi, girl group ini konsepnya apa? Kadang cute, kadang trendi, ada personil yang tomboy lagi. Nggak jelas!” Yah, itu sih kelemahan F(x), mereka susah kalau disuruh menentukan jati diri mereka. Tapi mereka adalah F(x). Orang tidak perlu mendefinisikan atau menentukan girl group macam apa si F(x) ini. Mereka punya ciri khas mereka sendiri yang tidak ada di girl group lain.

Girl group korea ini memiliki lagu-lagu yang catchy, penuh eksperimen, kebanyakan disertai teriakan-teriakan ala cheerleader (“Yeah! Ouw! Hey!”), dan liriknya menceritakan kehidupan ABG yang berusaha menunjukkan keeksisan dirinya kepada dunia. Menurutku, F(x) punya lagu-lagu yang paling unik dan sesuai dengan seleraku. Berikut adalah 10 lagu yang menurutku paling asyik dan wajib didengar.

Love

Ini adalah lagu terbaik dari F(x) versiku. Lagu ini selalu ada di playlist handphone-ku sejak awal dirilis pada tahun 2011 hingga sekarang. Love dirilis dalam album pertama F(x), Pinocchio. Dibanding lagu utama yang mereka gunakan untuk promosi, jelas lagu ini jauh lebih manis dan berbobot. Mungkin karena lagu ini menceritakan tentang kesedihan, makanya SM tidak memilih Love menjadi lagu utama mereka. Love bercerita tentang perasaan insecure seorang gadis. Si gadis sudah terlanjur tergila-gila pada kekasihnya dan gadis itu akan menjadi lebih gila lagi bila kekasihnya meninggalkannya. Ia juga minta tolong pada kekasihnya supaya tidak membuatnya menangis. I never change my love, I never change my love.

Beautiful Stranger

Lagu ini memiliki judul yang sama dengan lagu SNSD di album Jepang pertama mereka. Kalau disuruh memilih, aku lebih suka Beautiful Stanger-nya F(x). Maknanya lebih mengena dan lagunya lebih enak didengar.

Karena hanya dinyanyikan oleh 3 personil (Amber, Luna, Krystal), lagu ini banyak menonjolkan kekuatan vokal Luna dan Krystal serta kemampuan rap Amber. Amber menyanyikan sebagian besar bagian di lagu ini yaitu di bagian verse 1,2 dan bridge. Ia mendapat spotlight yang cukup banyak. Suara manis Luna dan Krystal mengisi chorus bergantian. Lagu yang bercerita tentang kegalauan seorang perempuan yang kekasihnya ditolak oleh orang-orang di sekitarnya ini dibawakan dengan apik dalam lagu hip hop bertempo sedang. Lagu ini terdapat dalam mini album Electric Shock.

Mr. Boogie

Mr. Boogie, If I want to, I can have you

Di lagu ini, F(x) menjadi perempuan yang menggoda. Ya, mereka menggoda cowok seksi di sebelah sana yang memakai topi fedora berwarna merah. Lagu ini dirilis dalam mini album Nu ABO. Menurutku, ini adalah lagu terbaik di mini album tersebut, melebihi lagu utama mereka, Nu ABO. Ketika mendengar lagu ini, aku bisa membayangkan di dalam sebuah pesta dansa, seorang pangeran bertopi fedora merah dengan gesture menawan dan kaki yang panjang berjalan masuk, Tidak ada orang lain yang menyadari kedatangannya selain aku, tidak ada yang merasakan karismanya selain aku. Yang kemudian terjadi, aku tergoda dan mengajaknya berdansa. Well, dia tidak bisa menolak karena dia yang menggoda duluan. Lagu ini agak nakal sih, tapi semua cewek punya fantasy seperti ini kan?

Chu~

Tidak dapat disangkal, F(x) banyak dikenal karena lagu ini. Single ini dirilis beberapa bulan setelah F(x) debut. Sangat catchy dan easy listening. Liriknya romantis, berkata bahwa kamulah orang yang tepat untuk memberikan ciuman pertama untukku. Ciuman pertama adalah saat-saat yang dinanti oleh para remaja, dan orang dewasa pun masih tersipu malu ketika mengingatnya. Pasar lagu ini luas, semua orang menyukainya.

Shadow

Ini adalah lagu yang terdapat di album terbaru F(x), Pink Tape. Melodinya sedikit misterius dan mengingatkan kita pada mainan-mainan kita waktu kecil yang bisa bernyanyi/mengeluarkan bunyi-bunyian. Walau begitu, lagunya sangat easy listening dan adiktif. Mestinya lagu ini menjadi lagu utama di album ini. Tapi mengapa SM lebih memilih Rum Pum Pum Pum? Entahlah, hanya mereka yang tahu.

Gangsta Boy

Begitulah F(x), sedikit berbeda dengan girl group lain yang mengharapkan datangnya pangeran berkuda putih. Bagi F(x), pangeran mereka adalah cowok nakal yang suka meneror yang membuat hati mereka berdebar-debar. Bukan hanya pangeran, bagi F(x), si gangsta boy ini juga adalah malaikat mereka. Memiliki tema yang sama dengan lagu Criminal-nya Britney Spears, F(x) memiliki cara sendiri dalam mendeskripsikan si criminal yang bikin mereka jatuh cinta ini. Baca saja terjemahan lirik di bawah ini.

My brother came and warned you,

If you bump into me, One Two Punch, he’d punish you,

Even my friends disapprove and scold me,

But I’m still going to meet you,

—–

Gangster Monster No,

You’re my Mister,

You’re just a cute hamster in my eyes,

You’re cool,

Your wonderful smile has melted me,

I’m going crazy lately because of you,

Dan gangster monster pun berubah menjadi cute hamster (.___.)

Love Hate

Semua orang pernah mengalami keadaan seperti ini. Cinta dan benci pada satu orang yang sama. Karena itulah muncul pernyataan bahwa batas antara cinta dan benci itu sangat tipis. Biasanya para ABG yang jatuh cinta yang paling sering mengalami keadaan seperti ini. Tidak hanya liriknya yang mengena, musiknya sangat pas dengan suasana hati yang seperti  itu. Tempo yang tidak terlalu cepat membuat lagu ini mudah untuk dinyanyikan.

Nu ABO

Ini adalah lagu utama dari mini album Nu ABO yang dirilis pada tahun 2010. Nu ABO adalah lagu yang bikin aku jatuh cinta pada F(x). Lagunya asyik, bikin pengen joget, dan bagian “nananana nana nanana”-nya sangat adiktif. Setiap orang bilang “nanana” pasti langsung kepikiran lagu ini. Selain itu, ada banyak rima di lagu ini yang bikin pendengar makin ketagihan.

Dogchangjeog byeolmyeong jitgi

Yyereul deulmyeon gungdi sundi

Mame deureo son beonjjag deulgi

—–

Molla Molla ajig naneun Molla

Gibon Gibon saranggongshig

Saramdeure ibyeolgongshig

Lagu ini mengusung konsep trendi. Bercerita tentang ABG yang mengaku berbeda dengan orang-orang lainnya, karena mereka memiliki golongan darah yang baru atau Nu ABO (ABO adalah golongan darah).

Yeah, this is how we do it love, f(x)

Hot Summer

Satu lagi lagu dari F(x) yang berhasil merajai tangga lagu dan terkenal di seantero Korea. Hot Summer ah Hot Hot Summer! Musim panas adalah musim yang dinanti-nanti oleh masyarakat yang tinggal di negara empat musim. Konsep F(x) yang ceria cocok sekali untuk menghibur mereka di musim panas. Lagu-lagunya yang bertempo cepat dan ‘mengajak berdansa’ sangat asyik didengarkan saat musim panas. Karena itulah  F(x) selalu merilis album menjelang musim panas.

Hot Summer dirilis pada bulan Juni 2010 dalam album Pinocchio Repackage. Lagu ini dipromosikan lewat MV yang serba merah dan manis dengan tank berwarna pink sebagai background (iya, tank yang biasanya dipake perang itu).

Bermain di tepi sungai, berenang di laut (walaupun bukan Malibu), memakai sunglass, menonton tv sambil memakan es krim. Itu adalah aktivitas yang hanya bisa dilakukan di musim panas! Hot Summer, walaupun panas, but it’s my style!

Airplane

Lagu terakhir dalam daftar ini dirilis dalam album Pink Tape. Lagu dengan melodi yang manis ini memiliki twist di tengah-tengah lagu. Twist yang juga manis dan adiktif. Lho, kok lagu ada twist-nya? Memangnya film? Yah, begitulah uniknya F(x). Jarang-jarang ada penyanyi yang berani ngasih twist di tengah lagunya dan menyanyikannya dengan baik.

Come with me, airplane, love

Comments
One Response to “TOP 10 F(X) SONGS”
  1. nurul muchlisa says:

    Keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: